Menyiapkan Dana Persalinan


Hai moms, apa ada yang lagi mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan persalinan?

Aku bakal berbagi cerita tentang menyiapkan dana persalinan, walaupun persalinanku ditanggung BPJS tapi tetap dana persalinan harus dipersiapkan ya moms..

Nah, sudah siapkah moms dengan dana persalinan???

Yang harus moms perhatikan dan utamakan sebelumnya yaitu biaya kontrol ke dokter nantinya untuk melakukan USG, beli vitamin ini sebenarnya perlu sebelum tahap persalinan sehingga sudah mendekati waktu persalinan tidak perlu lagi melakukan USG karena sudah punya salinan rekam USG.

Aku mulai mengumpulkan dana itu sekitar masuk trimester 2, dana persalinan dan belanja keperluan si bayi sudah dicicil meski aku belum tau jenis kelaminnya. 

Untuk yang akan memakai BPJS segera diurus apa saja dokumen yang dibutuhkan, sedangkan untuk yang memakai asuransi pastikan bisa digunakan juga dan untuk yang memakai pembayaran cash siapkan dari jauh-jauh hari (pastikan tak terpakai ya moms)


Buat daftar atau list apa saja yang dibutuhkan dan diperlukan. Seperti melahirkan dimana, RS atau Bidan? Normal atau Caesar? Biaya menginap? Membeli tas perlengkapan melahirkan beserta isinya. Jadikan isi dalam daftar tersebut prioritas sehingga tak ada perselisihan pembelian barang lain yang dirasa kemahalan atau nantinya malah tak terpakai. Buat komitmen bersama demi mengamankan dana persalinan yang kian tak terduga.

Comments

  1. Waktu persalinan pertama kami kelabakan gara2 terlalu pendek mikirnya.
    Nyiapin biaya lahiran, tapi normal.

    eh ternyata sesar dong hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini juga aku persalinan pertama mom. Pas udh trimester 2 panik bpjs ku sempet kehambat krn dulu pernah kerja kantoran jd blm dipindah ke bpjs mandiri. Trs malah nyiapin biayanya lebih dari biaya lahiran normal krn udh takut duluan. Alhamdulillah banget pas udh trimester 3 dikasih jalan bpjsnya bisa dipakai juga dan untungnya normal jadi gratis..tis..tis.. hihihi bisa saving money buat nambah beli baju si debay

      Delete

Post a Comment

Popular Posts